FRAUD PRINCIPLE

PENGERTIAN FRAUD

Fraud mempunyai banyak definisi. Fraud dapat diartikan sebagai penipuan, dapat juga diartikan sebagai tindak kejahatan yang melukai orang lain. Beberapa definisi fraud :

·         Fraud sebagai kriminal : hasil dari kecerdikan manusia untuk memikirkan sebuah cara untuk mendapatkan keuntungan dengan cara-cara yang salah

·         Corporate fraud :  tindakan kejahatan yang dilakukan oleh, untuk, atau melawan perusahaan.

·         Management fraud : tindakan kejahatan berupa penyajian yang tidak benar mengenai kinerja corporate atau departemen yangsengaja dilakukan oleh karyawan dengan  tujuan memperoleh bonus, promosi jabatan, dan keuntungan ekonomi lainnya.

·         Layperson fraud : ketidakjujuran dalam bentuk penipuan yang disengaja berupa salah saji yang menimbulkan kerugian yang material.

Definisi fraud menurut ACFE : penggunaan posisi pekerjaan untuk memperoleh keuntungan pribadi dengan cara menggunakan atau mencuri aset atau sumber daya perusahaan secara sengaja.

Definisi Fraud sebagai kecurangan : menurut US supreme ada 6 tahapan fraud :

·         Pertama : pelaku kejahatan telah membuat pernyataan yang material.

·         Kedua : pernyataan yang dibuat tersebut salah.

·         Ketiga : pelaku tidak mempercayai pernyataan tersebut salah, dan pada beberapa alasan terkesan benar.

·         Keempat : pernyataan tersebut dibuat dengan sungguh-sungguh.

·         Kelima : pernyataan tersebut dituntut oleh pendakwa sebagai kesalahannya

·         Keenam : terdakwa membela bahwa itu bukan kesalahannya


SYNONIM FRAUD, THEFT, DAN EMBEZZLEMENT

Fraud merupakan general term, termasuk didalamnya pencurian, penggelapa aset, penipuan, kejahatan kerah putih,dll

Theft (pencurian)  : mengambil dan membawa kabur properti atau aset dengan cara merampas dari pemiliknya.

Embezzlement  (penggelapan) : pelaku kejahatan mengambil aset atau properti dari pemilik sah nya, kemudian mengubahnya menjadi miliknya dalam bentuk lain. Dalam proses pengubahan aset tersebut dapat dilakukan dengan berbagai cara : dijual, digadaikan, atau dipindahkan dalam bentuk harta yang lain.

CLASSIC FRAUD RESEARCH

Penelitian Jaspan and Black mengenai antifraud, dan merumuskan bahwa perusahaan jika ingin mencegah terjadinya fraud harus melakukan hal berikut :

·         Membayar karyawan mereka dengan upah yang layak.

·         Memperlakukan karyawan dengan sopan.

·         Mendengarkan setiap permasalahan karyawan.

Hartung tidak sependapat dengan Jaspan and Black dan mengungkapkan bahwa individu dipengaruhi oleh lingkungannya untuk berbuat jahat, bukan disebabkan oleh kurangnya empati terhadap individu karyawan.

Penelitian jaspan, Black, dan Hartung menghasilkan kesamaan teori yaitu : menciptakan lingkungan dengan sedikit kesempatan bagi tindak kejahatan.

2.      FRAUD TRIANGLE

Cressey mengungkapkan bahwa setiap kejahatan fraud mempunyai 3 komponen utama, yaitu : pressure, rasionalisasi, dan kesempatan & pengetahuan.

Pressure (tekanan) : sesuatu yang terjadi dalam kehidupan pribadi pelaku fraud yang memberikan tekanan stress dan memotivasi dirinya untuk mencuri atau menipu. Contoh : gaya hidup glamour, kebutuhan keluarga, judi, hutang,dll

Rasionalisasi : pembenaran terhadap sesuatu yang salah dan mengabaikan efek dari tindakan kejahatannya. Contoh : tidak apa-apa mencuri, hanya mengambil sedikit.

Kesempatan : kondisi yang disebabkan karena lemahnya pengendalian dan pengawasan sehingga menimbulkan peluang terjadinya fraud. Contoh : lemahnya SPI.

 


3.      RUANG LINGKUP FRAUD

Fraud terjadi di semua skala perusahaan, baik yang kecil,menengah maupun perusahaan skala besar dan internasional. Tidak ada perusahaan yang aman dari fraud, bahkan perusahaan kecil sekalipun. Perusahaan dengan SPI kuat juga tidak bebas dari ancaman fraud.

Metode terbaik untuk mencegah fraud : pengendalian internal dan audit internal

4.      PROFIL PELAKU FRAUD

Menurut Gwyn Netller ciri pelaku fraud adalah sebagai berikut :

·         Orang yang mempunyai pengalaman kegagalan berpotensi melakukan fraud.

·         Orang yang tidak disukai dan tidak menyukai dirinya sendiri cenderung mudah menipu.

·         Orang yang mudah terpengaruh, tidak punya pendirian, dan tidapat menolak suap cenderung mudah terlibat dalam fraud

·         Orang yang mempunyai pendirian kuat dan takut akan hukuman cenderung tidak mudah tergoda melakukan fraud.

·         Orang dengan tingkat kecerdasan yang tinggi cenderung lebih jujur daripada yang tidak.

·         Semakin mudah untuk melakukan kecurangan/ fraud, semakin tinggi peluang terjadinya fraud.

·         Seseorang mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda, dan berbeda motif untuk melakukan fraud.

·         Semakin tinggi pressure semakin tinggi peluang terjadinya fraud.

·         Perjuangan untuk bertahan di lingkungan perusahaan semakin memotivasi untuk melakukan fraud.

Beberapa aspek yang mendorong terjadinya fraud :

a)      Variabel Personal

·         Kemampuan

·         Perilaku (attitude)

·         Kebutuhan pribadi

·         Nilai-nilai kepercayaan

b)      Variabel Organisasi

·         Lingkup pekerjaan

·         Pelatihan yang diberikan

·         Sistem reward/ pengakuan terhadap kinerja karyawan

·         Kualitas manajemen dan pengawasan

·         Kejelasan tanggung jawab pekerjaan

·         Kejelasan tujuan dari pekerjaan

·         Kepercayaan terhadap individu

·         Iklim kerja yang memotivasi dan beretika.

c)      Variabel Eksternal

·         Tingkat persaingan dengan perusahaan lain

·         Kondisi ekonomi secara umum

·         Nilai-nilai sosial

High level dan Low level Fraud

Pelaku tindak kejahatan yang berasal dari level manajemen yang tinggi lebih mudah melakukan fraud karena lebih mudah menghilangkan kontrol atau pengawasan. Jumah kejahatan yang dilakukan oleh manajemen high level lebih besar daripada low level.

Berdasarkan survey ACFE, pelaku fraud yang paling merugikan adalah mereka yang :

  • ·        Telah bekerja di perusahaan dalam jangka waktu yang lama
  • ·         Mempunyai income yang besar
  • ·         Laki-laki
  • ·         Lebih dari 60 tahun
  • ·         Berpendidikan tinggi
  • ·         Bekerja kelompok daripada sendirian
  • ·         Tidak pernah tersangkut kasus kriminal sebelumnya.
Sedangkan pelaku fraud pada umumnya yang sering dijumpai adalah mereka yang :
  • ·         Mempunyai masa kerja yang hampir sama dengan fraud high level
  • ·         Mempunyai income yang lebih sedikit dibanding high level fraud
  • ·         Wanita dan laki-laki
  • ·         Umur antara 41-50 tahun
  • ·         Telah menyelesaikan pendidikan tinggi
  • ·         Beroperasi sendirian
  • ·         Belum pernah tersangkut kasus kriminal

Hall and Singleton mendeskripsikan ciri pelaku secara general sebagai berikut :

  • ·         Mempunyai posisi kunci di perusahaan
  • ·         Biasanya laki-laki
  • ·         Lebih dari 50 tahun
  • ·         Menikah
  • ·         Berpendidikan tinggi

 

5.      SIAPA YANG MENJADI KORBAN FRAUD?

Ancaman fraud dapat berasal dari dalam dan luar entitas. Dalam entitas adalah jajaran manajemen dan karyawan. Sedangkan  luar entitas adalah supplier, vendor, kontraktor,dll.

Fraud terjadi pada perusahaan yang tidak mempunyai kontrol pengendalian, tidak ada kepercayaan, tidak ada standar etika, tidak profit, dan tidak mempunyai masa depan.

Entitas bisnis yang kecil mempunyai resiko fraud lebih tinggi daripada entitas bisnis yang besar, karena biasanya mereka hanya mempunyai satu akuntan, tidak ada pemisahan fungsi, dan tidak ada pengendalian atau kontrol dari atasan. Sehingga membuka peluang yang lebih besar untuk melakukan kejahatan fraud.

6.      FRAUD TAXONOMIES

Beberapa klasifikasi fraud diataranya :

a)      Customer and Investor Fraud

Tindakan menipu yang disengaja yang dilakukan oleh perusahaan dan merugikan pihak luar seperti : customer, investor, asuransi, pemerintah, kreditur bank, dll

b)      Criminal and Civil Fraud

Menurut ACFE, kriminal fraud adalah penyajian informasi yang tidak benar dan nilainya material dari pihak satu ke pihak lainnya dan secara sengaja berniat untuk menipu, dengan tujuan agar pihak lain melepaskannya dari tanggung jawab tertentu. Contoh : tanggung jawab kerugian atau kecelakaan atas kesalahannya.

c)      Fraud untuk melawan perusahaan

Ada 2 jenis corporate fraud : fraud yang langsung merugikan perusahaan, dan fraud yang memberikan keuntungan bagi perusahaan.

·         Fraud yang merugikan perusahaan

Contoh : penghindaran pajak, perjanjian penetapan harga (price fixing), kejahatan hukum, pencemaran lingkungan, iklan palsu,dll

·         Fraud yang menguntungkan perusahaan

Contoh : manipulasi catatan akuntansi dengan meninggikan laba dan merendahkan biaya supaya mendapatkan bonus.

 

 

d)     Fraud Internal dan Eksternal

Kejahatan fraud yang dilakukan oleh pihak internal : dilakukan oleh pihak karyawan dan jajaran manajemen

Fraud yang dilakukan oleh pihak eksternel : dilakukan oleh supllier dan vendor seperti melebihkan jumlah tagihan

e)      Fraud oleh manajemen dan Non manajemen

Fraud yang dilakukan oleh high level manajemen karena mempunyai akses wewenang dan mengetahui kelemahan sistem. Contoh : white collar crime

Fraud yang dilakukan oleh non manajemen, dilakukan oleh karyawan biasa yang tidak menduduki jabatan pada level manajemen. Contoh : penggelapan aset, pencurian kas.

Nilai kerugian high level manajemen lebih besar dari pada non manajemen.

7.      FRAUD TREE

ACFE membangun model untuk mengkategorikan fraud kedalam 49 jenis fraud yang dilakukan individu, yang disebut fraud tree. 3 komponen utama dalam fraud tree :

·         Fraud laporan keuangan : tipe fraud yang dilakukan oleh top eksekutif. Contoh : Manipulasi laporan keuangan untuk menarik investor. Efek dari fraud laporan keuangan sangat pervasif dan dapat memakan banyak korban,bahkan bisa memicu terjadinya gejolak perekonomian seperti inflasi.

·         Penggelapan aset : merupakan jenis fraud yang paling sering dilakukan. Efeknya tidak material. Biasanya dilakukan oleh individu, sehingga kesulitan untuk diungkap jika menggunakan metode general auditing. Karena mudah dilakukan, jenis fraud ini merupakan yang paling banyak jenisnya.

·         Korupsi : fraud yang dilakuakn berdasarkan hubungan antar pihak internal dengan eksternal, dan bahkan hubungan tersebut tidak dapat diketahui oleh perusahaan.

 

KARAKTERISTIK FRAUD

KRITERIA

FINANCIAL FRAUD

PENGGELAPAN ASET

KORUPSI

Pelaku

Top – executive management

Karyawan

2 pihak

Ukuran

Sangat besar

Kecil

Menengah

Frekuensi

Jarang terjadi

Sering

Sedang

Motivasi

Menaikkan harga saham, bonus

Tekanan pribadi

Tantangan, pengembangan bisnis

Materialitas

Sangat material

Tidak material

Tergantung

Pihak yang terlibat

Perusahaan dan pelaku

Pelaku melawan perusahaan

Pelaku

Jumlah korban

Besar dan banyak

Kecil

Tergantung

 

EVOLUSI FRAUD

Siklus dari penyelidikan fraud adalah sebagai berikut :

Motivasi àPeluang à Rasionalisasi à Pengabaian atas fraud (karena tidak ketahuan) à konversi aset à menyembunyikan kejahatan à jejak kejahatan (red flag) àtersangka à penetapan dasar bukt yang layak (predication) à teori fraud à audit invesitigatif à penulisan laporan à disposition: penghentian penyelidikan à disposition : penuntutan à trial : pembacaan fakta-fakta dan temuan di pengadilan

Comments

Popular posts from this blog

Pelatihan Laporan Keuangan Sederhana Pada Kelompok UMKM Kalisidi

Economic Festival Night 2022

Accounting in Society: Berbagi bersama Belajar Menyenangkan